Rabu, 05 Januari 2011

Kampusku............

UMS go INTERNASIONAL

Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tahun ini telah mencapai usia yang ke-52 tahun, usia yang cukup dewasa bagi sebuah perguruan tinggi. Berbagai peristiwa dan kejadian telah dilewati, berbagai permasalahan dan tantangan telah dihadapi yang semua itu semakin mematangkan UMS hingga berada pada kondisi seperti sekarang ini.

Dasawarsa terakhir memberikan tantangan yang unik kepada bangsa Indonesia yang belum pernah terjadi pada dasawarsa sebelumnya yaitu persaingan global yang semakin nyata. Pasar ASEAN telah terbuka, demikian pula pasar Asia Pasifik. Keterbukaan pasar merambah dalam setiap aspek kehidupan bangsa termasuk ke dunia pendidikan. Pertumbuhan Cina dan India telah menggeser konstelasi ekonomi yang tadinya berpusat di Eropa dan Amerika Utara maka sekarang mengembang ke Asia.
Untuk menjawab tantangan global tersebut, Universitas Muhammadiyah Surakarta dituntut untuk mampu mengembangkan sumber daya manusia yang siap go internasional. Para dosen diharapkan dapat menghasilkan karya yang diakui tidak hanya di tataran nasional namun juga di tataran internasional. Para lulusan perlu disiapkan agar mempunyai kompetensi yang setara dengan kompetensi lulusan universitas asing. Fasilitas pendidikan dan kurikulum perlu ditata agar mendukung model pembelajaran yang bermutu. Upaya ini telah dimulai di UMS antara lain dengan pengembangan SDM untuk studi ke luar negeri, pembukaan kelas-kelas internasional dan peningkatan kerja sama dengan pihak luar.
Untuk meningkatkan awareness para sivitas akademika UMS akan tantangan global tersebut dan untuk menginformasikan kepada stakeholder bahwa UMS sedang bergeliat menuju arena internasional, Harijadi UMS ke-52 pada tahun 2010 ini mengambil tema “UMS go internasional”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar